Pages

Senin, 17 Desember 2012

Makalah Resume Bahasa Indonesia



KETERAMPILAN BERBAHASA
(MEMBACA, BERBICARA, MENULIS)
DiajukanUntukMemenuhiTugasMandiri
Mata Kuliah: Bahasa Indonesia
DosenPengampu: IndriyaMulyaningsih, M.Pd.





Oleh:
Agung Saputra
ADDIIN
BIMBINGAN KONSELING ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SYEIKH NURJATI
CIREBON
2012





















BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dalam proses interaksi dan komunikasi diperlukan keterampilan berbahasa yang aktif, kreatif, produktif, dan tentunya komunikatif.terlepas dari itu semua, melalui bahasa kita dapat berbahasa, yang dituntut harus mahir dalam pelaksanaanya, sehingga kita menjadi terampil dalam berbahasa. Karena dalam proses interaksi dan komunikasi, diperlukan keterampilan berbahasa yang aktif, kreatif, produktif, dan komunikatif. Keterampilan berbahasa yang harus dikuasai tersebut diantaranya adalah membaca, menulis, dan berbicara.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian membaca?
2.      Apa kendala dalam membaca?
3.      Apa pengertian berbicara?
4.      Bagaimana Sistematika Penilaian Berbicara?
5.      Apa pengertian Menulis?
6.      Apa kegunaan Menulis?

C.    Tuujuan Penulisan
1.      Mengetahui Pengertian Membaca.
2.      Mengetahui Kendala-kendala dalam Membaca.
3.      Mengetahui Pengertian Berbicara.
4.      Mengetahui Sistematika Penilaian Berbicara.
5.      Mengetahui Pengertian Menulis.
6.      Mengetahui Kegunaan Menulis.


BAB II
PEMBAHASAN
1.      Pengertian Membaca
Pada hakekatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf. Dikatakan kegiatan fisik, karena bagian-bagian tubuh khususnya mata, yang melakukannya. Dikatakan kegiatan mental karena bagian-bagian pikiran khususnya persepsi dan ingatan, terlibat didalamnya. Dari deifinisi ini kiranya dapat dilihat bahwa menemukan makna dari bacaan (tulisan) adalah tujuan utama membaca, dan bukan mengenali huruf-huruf.

2.      Kendala-kendala dalam Membaca
1.      Sulit Konsentrasi
Kesulitan dalam konsentrasi bisa disebabkan beberapa faktor diantaranya kelelahan fisik dan mental, bosan atau banyak hal lain yang sedang dipikirkan.
Konsentrasi yang baik akan memastikan bahwa kecepatan baca berbanding lurus dengan pemahaman dan bukan sebaliknya. Untuk itu ketika mulai membaca, coba atasi factor-faktor yang menyebabkan anda  sulit berkonsentrasi. Cari tempat yang nyaman, dan tempat duduk yang enak dipakai.
2.      Rendahnya Motivasi
Faktanya motivasi memang sangat berperan penting dalam menggapai kehidupan yang lebih baik, terutama dalam membaca. Ketika anda sama sekali tidak mempunyai motivasi dalam membaca, maka anda akan cenderung membaca sekedarnya saja dan tidak terlalu berminat untuk membaca dengan pemahaman yang baik.

3.      Khawatir tidak Memahami Bahan Bacaan
Kendala dalam membaca yang satu ini terdengar sangat menggelikan, belum sampai pada kegiatan membaca, perasaan khawatir tidak memahami isi bacaan sudah dahulu menghantui. Kekhawatiran ini akan mengganggu kecepatan baca maupun pemahaman Anda. Solusinya, jika anda seorang pelajar atau mahasiswa, secara rutin bacalah buku teks yang diwajibkan jauh-jauh hari sebelum ujian.

3.      Pengertian Berbicara
Berbicara adalah suatu alat untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang disusun serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan sang pendengar atau penyimak.

4.      Sisitematika Penilaian dalam Berbicara
Aspek-aspek penilaian yang dinilai dalam kegiatan berbicara, sebagaimana disarankan oleh para ahli adalah sebagai berikut:
1.      Aspek kebahasaan
·         Pengucapan
·         Penempatan tekanan
·         Latihan percakapan
·         Bercerita
·         Diskusi
·         Wawancara
·         Darama
·         Berpidato


5.      Pengertian Menulis
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga   orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu.

6.      Kegunaan Menulis
Menulis adalah alat yang sangat ampuh dalam belajart yang dengan sendirinya memainkan peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dilihat dari sudut pandang tersebut, Fachruddin (1994:3) mengemukakan kegunaan menulis secara rinci sebagai berikut.
  1. Menulis monolog menemukan kembali apa yang pernah diketahui. Menulis mengenai suatu topik merangsang pemikiran pembaca mengenai topik tersebut dan membantu kita membangkitkan pengetahuan dan pengalaman yang tersimpan dalam bawah sadar.
  2. Menulis menghasilkan ide-ide baru. Tindakan menulis merangsang pikiran untuk mencari pertalian, dan menarik persamaan (analogi) yang tidak akan pernah terjadi seandainya tidak dimulai menulis.
  3. Menulis membantu mengorganisasikan pikiran dan menempatkannya dalam suatu bentuk yang berdiri sendiri, hanya karena menulis.
  4. Menulis menjadikan pikiran sesorang siap untuk dilihat dan dievaluasi; dapat dibuat jarak dengan ide sendiri dan dilihatnya lebih objektif pada waktu ditulis.
  5. Menulis membatu diserap dan dikuasai informasi baru, akan dipahami banyak lebih baik dengan disampaikan lebih lama jika ditulis hal itu.
  6. Menulis membantu menyelesaikan masalah dengan memperjelas unsur-unsurnya dan menempatkannya dalam suatu konteks visual sehingga dapat diuji.
  7. Menulis tentang suatu topik menjadikan seorang pelajar aktif.
BAB III
TANYA JAWAB



1.      P :  Apa saja motivasi dalam membaca?
J : Motivasi ada dua macam internal dan eksternal, untuk yang internal kita manfa’atkan kecerdasan yang kita miliki, sedangkan motivasi eksternal diantaranya terobsesi untik mwujudkan  harapan dan cita-cita.
2.      P :  Apakah semua penyimak harus memiliki pengetahuan yang luas?
J :  Tidak, tapi berpengetahuan luas sangat membantu dalam kegiatan menyimak.
3.      P : Bagaimana meningkatkan motivasi dalam menyelesaikan skripsi pada khususnya?
J :  Membangun motivasi itu dibangun dari diri sendiri dan harus dipaksa untuk menjadi orang yang lebih baik.



BAB IV
KESIMPULAN

1.      Pada hakekatnya membaca adalah kegiatan fisik dan mental untuk menemukan makna dari tulisan, walaupun dalam kegiatan itu terjadi proses pengenalan huruf-huruf.
2.      Berbicara adalah suatu alat untuk mengkomunikasikan gagasan-gagasan yang disusun serta dikembangkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan sang pendengar atau penyimak.
3.      Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Cari

Memuat...